Facebook Ads : Viral Mitos Atau Bisa Kita Buat ?

viral

Sesuai dengan judul Viral Mitos Atau Bisa Kita Buat ?

Mari kita kupas tentang Viral, tanpa harus saya jelaskan apa itu viral sebagian dari kita pasti akan paham, apakah viral itu, baik itu berupa Gambar kejadian, Video, atau Status ketika sesuatu hal itu membuat orang lain ingin mengetahui dan membagikannya dengan yang lain agar orang lain mendapatkan informasi tentang sesuatu hal.

Contoh yang menarik tentang hal tersebut berupa Video Youtube, Meme, Twitter Trending Topik “Om Telolet Om” begitu viralnya sampai kepelosok dunia pun ingin tahu tentang hal tersebut, bisa kita lihat banyak tokoh-tokoh didunia berbagai profesi seperti pembalap, musisi dll pun ikutan membagikannya.

Jadi apa sebenernya hal yang membuat Viral itu? benarkah Mitos atau sesuatu hal yang bisa kita buat, pada penggunaan Facebook Ads, Viral itu HARUS, ingat bahwa ada banyak Facebook Advertiser yang beriklan bagaimana agar customer melihat kita serta butuh waktu 1.7 detik orang melihat dan memutuskan ingin melihat iklan kita atau tidak? Bagaimana agar kita BERBEDA serta UNIK dengan yang lainnya?

Semakin Viral Iklan kita semakin murah biayanya?

Tanpa mengesampingkan target yang telah kita buat serta target yang sesuai sekarang giliran postingan kita, ketika postingan kita Viral, membuat orang tertarik serta orang ingin membagikannya seperti objective PPE maka, biaya iklan yang akan kita keluarkan semakin murah karena banyaknya interaksi dan diharapkan terjadi konversi.

Metode STEPPS

Metode yang diperkenalkan oleh Dr. Jonah Berger seorang Marketing Professor di Wharton School University of Pennsylvania yang selama 15 tahun mempelajari bagiamana cara kerja mempengaruhi orang dan menjual produk dan ide silahkan cek http://jonahberger.com/ .

Mengajarkan kita bagaimana cara membuat agar kita mendapatkan sesuatu hal yang viral dan dapat diaplikasikan dengan metode STEPPS yaitu Social Currency, Triggers, Emotion, Public, Practical Values,Stories.

Social Currency

Social Currency adalah sesuatu hal yang membuat orang melihat dan ingin membagikan dengan yang lainnya dalam bentuk informasi yang dapat berguna bagi orang lain caranya adalah dengan

1.       Buat mereka seperti orang dalam, mungkin jika kita mengingat produk Iphone yang akan diluncurkan orang akan berlomba-lomba membagikan apa yang akan bentuk dan fitur apa yang akan dikeluarkan produk Iphone terbaru tersebut.

2.       Buat mereka seperti orang yang pintar, kedengerannya seperti hal yang aneh memang tetapi hal yang membuat mereka orang yang pintar maka mereka akan melakukannya dengan ikhlas tanpa harus kita perintah dengan sendirinya mereka akan membagikannya

3.       Buat mereka seperti memiliki konten yang ekslusif hampir mirip dengan produk Iphone yang akan baru diluncurkan dengan mendapatkan konten yang tidak dimiliki orang lain.

4.       Membuat apa yang membuat mereka kaget akan sesuatu hal dan apa yang membuat mereka itu tertarik

Triggers

Triggers adalah apa yang membuat orang mengingat tentang sesuatu hal, misalnya produk coklat kitkat dengan tagline ada break ada kitkat, permen kopiko dengan “kopiko gantinya kopi”, cari apa yang membuat orang dengan mudah mengingat produk Anda.

Emotion

Emosi salah satu hal yang menghubungkan orang dengan produk tersebut, mungkin bisa dalam bentuk testimoni dari penggunaan produk hal yang mereka rasakan seperti bahagia, sedih, kecewa mengapa orang harus peduli dan mengapa orang harus membagikan dengan yang lainnya

Public

Umum yaitu adalah sesuatu hal yang dapat orang dengan melihatnya, misalnya logo dilaptop kita jika kita lipat kearah kita maka tulisan logo tersebut akan terbalik tujuannya adalah pada saat kita menggunakan laptop tersebut orang akan mengtahui bahwa oh kita menggunakan produk dari produsen laptop dengan merek A.

Practical Values

Practival Values hal apa yang membuat orang bisa melakukannya contoh melipat baju dengan cepat dengan menggunakan dus, hal ini yang membuat orang mudah menirunya serta memberikan manfaat dari produk yang kita jual karena memberikan manfaat.

Practical Values adalah bentuk yang dapat orang tiru seperti produk demo yang memberikan pandangan tentang kelebihan produk tersebut dan hal tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain

Stories

Semua orang suka sekali dengan cerita, dari kita masih balita selalu akan mendengarkan dongeng baik dari Orang Tua, Kakek Nenek atau orang terdekat kita, menceritakan kejadian, sesuatu hal yang penting atau bermanfaat. Gunakan Cerita untuk memperkenalkan manfaat produk Anda dan produk Anda, yang dimana cerita akan mempermudah Anda menjual produk atau jasa Anda kepada calon konsumen karena tiap-tiap orang memiliki mental blocking, dengan menggunakan cerita maka mental bloking ini akan diabaikan oleh orang tersebut

Cara mengaplikasikan

Setelah Anda memahami metode STEPPS diatas untuk membuat sesuatu hal yang viral atau menggunakan hal yang viral. Kita pun dapat membuat Viral sendiri memang ada tools untuk mencari sesuatu hal yang viral serta banyak media online/website yang memberikan informasi tentang hal yang viral, secara garis besarnya adalah hal yang Viral adalah sesuatu hal yang dapat membuat orang membagikan dengan yang lainnya karena bermanfaat untuk yang lainnya

Sumber: Viral Marketing Crafting Shareable content Lynda.com

Tinggalkan komentar